Backpacking itu menyenangkan

backpacking

backpacking

Backpacking adalah seni tentang menikmati alam terbuka dan pegunungan,tapi kebanyakan orang tidak menghiraukan barang bawaan dipunggung yang mereka butuhkan selama berhari-hari atau bahkan mungkin bermingggu-minggu.Mungkin bagi yang belum paham,beban yang mereka bawa kelihatan sepertinya melelahkan.Suka cita dan semua kesenangan mendaki pegunungan tidak akan begitu terasa dengan membawa beban yang berat di punggung mereka.Untuk pemula yang kurang akan informasi hal ini mungkin benar,itu jelas bagi saya ketika saya baru memulai naik gunung untuk pertama kalinya. Saya tidak mengingkari bagaimanapun juga saya tidak suka kalau bahu saya sakit,pinggul sakit,kaki pegal-pegal dan kaki yang melepuh.Saya pun tidak suka basah atau kedinginan. Setelah mengalami semua kondisi tersebut dalam usaha pertama saya untuk mendaki gunung, saya mengembangkan minat dalam teknik dan peralatan dan belajar bahwa backpacking itu menyenangkan dan bebas dari rasa sakit.

Sementara itu pengalaman dan keterampilan dari backpacker itu sendiri memainkan peran sebagian besar, dengan teknik packing yang buruk mana mungkin bisa beban 50 kg terasa nyaman pada saat dibawa dipunggung Anda .Backpackers yang berpengalaman cenderung untuk menghindari masalah tersebut, namun. Peralatan yang tepat dapat membuat perbedaan antara perjalanan Anda, sehingga ingin mengulang lagi dan mimpi buruk yang akan membuat Anda bergidik setiap kali Anda melihat beban yang dibawa akan sirna. Saya bertemu dengan beberapa teman yang mundur karena menyebutkan backpacking, mereka bergumam tentang upaya mereka untuk backpacking dimana mereka merasakan sakit punggung, lutut mereka pegal-pegal, tenda mereka bocor, dan mereka menderita selama berminggu-minggu sesudahnya. Tidak harus seperti itu.

Ketertarikan pada peralatan backpacking,lahir dari pengalaman pendakian beberapa hari yang basah kuyup (rain gear tidak memadai) dan kemudian tersesat (tidak ada kompas),kesulitan pada saat pendakian malam hari (lampu senter awalnya nyala kemudian batrei habis dan tidak ada batrei cadangan) dan hampir hipotermia.Pada pendakian pertama saya camping dan mendirikan sebuah tenda kanvas yang berat dan akhirnya bocor pada saat hujan cukup deras. Padahal pada saat perjalanan merasakan barang bawaan yang cukup berat dengan membawa tenda tersebut.Saya membawa alat-alat diatas karena saya tidak tahu dan ketidak tahuan saya,seharusnya barang apa yang sebaiknya saya bawa.

Dengan pengalaman yang panjang yang sebelumnya menunjukkan kepada saya,apa yang seharusnya saya bawa.Sesekali,pendaki yang lain merasa ngeri melihat tas bawaan yang besar milik saya.Tidak menggunakan hip belt? tegasnya.”Apa hip belt itu? jawabku. Dia menyerahkan ranselnya,yang lebih besar dari kepunyaan saya. Saya memulai memanggulnya dan mengencangkan hip belt di pinggang saya.Ransel yang terlihat berat terasa hilang seketika. Sejak saat itu saya melihat fitur hip belt merupakan kunci yang dirancang untuk meringankan beban bawaan yang berat.Di Kesempatan lain di sebuah pendakian dan camping ketika saat itu saya masih menggunakan tenda kanvas sangat berat dan belum ditambahi dengan membawa kayu penyangga. Saat duduk-duduk di luar tenda, saya melihat seorang pendaki yang sedang menuruni gunung yang membawa tas ransel yang medium dan pada saat camping dia menggunakan tenda nylon kecil berwarna hijau. Keesokan harinya dikemas semuanya,dan dia memanggul beban yang sederhana dan berjalan begitu enaknya untuk melanjutkan perjalannnya kembali. Setelah itu saya sadar bahwa untuk kenyamanan dalam pendakian saya harus membeli peralatan yang nyaman untuk dibawa pada saat pendakian dan akhirnya saya mencari peralatan-peralatan tersebut di toko outdoor dan membaca tentang bagaimana backpacking yang sebenarnya.

Mendapatkan pengetahuan yang cukup tentang perincian apa yang harus dicari dalam peralatan adalah hal yang cukup penting.meskipun, tidak untuk menetapkan peralatan dengan harga yang mahal dari yang standart akan membuat anda nyaman,ingat itu hanya sebuah alat.Backpacking bukan tentang memiliki tenda terbaru atau mencoba sistem pakaian baru “yang menjamin anda akan nyaman dalam segala cuaca”.Jika Anda cukup tahu tentang peralatan yang akan pilih atau bawa dan mengetahui secara benar cara kerjanya, Anda tidak perlu memikirkan tentang peralatan lagi ketika Anda berada di alam.Anda bisa mendapatkan pengetahuan tentang peralatan tersebut disana. Kekhawatiran tentang mengalami basah karena Anda tidak percaya jaket hujan Anda untuk membuat Anda kering, atau menggigil sepanjang malam di sleeping bag Anda,hal itu akan datang kepada Anda dan lingkungan dan bahkan dapat mendominasi perjalanan Anda.Dalam keadaan ekstrim, peralatan yang tidak memadai bahkan bisa mengancam nyawa Anda.Sehingga perlu meluangkan waktu dalam hal pemilihan peralatan. Peralatan Ini akan bersama Anda untuk beberapa kilometer dan beberapa malam.Jangan lupa, meskipun begitu Anda juga membutuhkan keterampilan untuk menggunakan peralatan tersebut dengan benar.Tidak ada peralatan yang ajaib,meskpiun banyak iklan yang menyiratkan hal tersebut.Dengan memiliki jaket terbaru tidak berarti Anda dapat mengatasi badai gunung,dan juga memiliki kompor yang paling cepat mendidih (fastest-boiling stove)di pasaran kemudian berarti Anda dapat menghasilkan segala makanan yang bisa dimakan pada saat pendakian.

Disadur dari “Chris Townsend the backpacker’s HANDBOOK” dan pengalaman penulis

This entry was posted in Hiking and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.